ASSALAMUALAIKUM Pictures, Images and Photos

Sabtu, 07 November 2009

MEMAKNAI HARI SUMPAH PEMUDA


Pada tanggal 28 Oktober 2009 seluruh rankyat Indonesia memperingati hari sumpah pemuda.Dilihat dari sejarah sumpah pemuda itu dimulai ketika sekelompok pemuda merasa perlunya sebuah perekat dan pemersatu agar bangsa kita lebih solid dalam menuju kemerdekaan pada waktu itu. Tetapi apa relevansinya dengan zaman sekarang ? Sumpah pemuda, bila kita ambil hikmahnya, itu mencerminkan sebuah tekad, komitmen dan cinta terhadap bangsa dan negara. Sehingga Bangsa ini menjadi lebih baik dan maju di segala sektor kehidupan.
lalu apa yang dapat kita lakukan untuk memaknai hari sumpah pemuda ini ?

Mulailah dengan melihat fakta positif - potensi-potensi bangsa Indonesia yang luar biasa.
Indonesia yang kaya dengan sumber daya alam dan memiliki banyak pulau dengan budaya-budaya yang melimpah,sungguh sebuah negara yang makmur.Kita sebagai generasi penerus bangsa kita harus mampu menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia itu memang yang terbaik.Kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia dan selalu mmenghargai karya anak bangsa.

Dari sistem pendidikan, Ki Hajar Dewantara telah menyadari pentingnya “budi pekerti”
Pendidikan, Pengetahuan, Kecerdasan tanpa “budi pekerti” itu seperti bumerang yang bisa merusak tatanan kehidupan banyak orang. Dapat kita lihat penemuan bom nuklir yang tidak digunakan pada tempatnya, adalah salah satu hasil dari pengetahuan dan kecerdasan tanpa “budi pekerti”. Indonesia boleh berbangga karena telah memiliki pencetus yang sangat brilian dalam dunia pendidikan, Ki Hajar Dewantara dan “sistem budi pekerti” ini akan menginspirasi banyak negara untuk diikuti.Oleh karena itu kita harus memiliki budii pekerti yang baik "Akhlakul Karimah" dalam menghadapi masa depan kita tuk membawa indonesia ini ke lebih baik lagi.

Indonesia juga adalah salah satu dari segelintir negara yang pernah dalam masa kepemimpinan dengan atmosfir “spiritual” dan “cinta”.
Bila kita telaah sejarah kerajaan bangsa kita, betapa bangsa kita telah mengutamakan aspek “spiritual”, “budi pekerti” dan “cinta” dalam kehidupan sehari-hari. Dan hal inilah coba dituangkan oleh Bung Karno dan para pendiri negara, dalam bentuk “Pancasila dan UUD 1945″ yang merupakan “INTISARI BUDAYA BANGSA INDONESIA”.

Bila kita mau lebih teliti dan menelaah “Pancasila” dan “UUD 1945″, Betapa bangsa kita ingin dibangun atas landasan “spiritual”, “budi pekerti”, “cinta” yang mengutamakan kepentingan bersama, seluas-luasnya dan kebahagiaan semua rakyatnya.

Dan masih banyak lagi dengan kekayaan yang melimpah ruah,yang memiliki pulau-pulau yang menghadirkan pemandangan alam yang indah serta seni budaya yang beraneka ragam.jadi dengan peringatan sumpah pemuda ini,mari kita renungi bersama apa yang telah kita lakukan untuk kemajuan negara kita ini dan kita sebagai generasi muda mari kita bangun negara kita ini.

0 komentar:

Posting Komentar