ASSALAMUALAIKUM Pictures, Images and Photos

Selasa, 18 Agustus 2009

Pekan Budaya Kuantan Singingi 2009


Pacu Jalur merupakan festival terbesar untuk masyarakat yang berada di sepanjang sungai Kuantan setiap setahun sekali, untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Pacu Jalur adalah perlombaan mendayung semacam sampan yang terbuat dari kayu pohon sepanjang 25-40 meter, yang didayung oleh 50-60 orang. Sebelum acara dimulai, diadakan acara berupa tarian dan nyanyian untuk menghibur seluruh peserta dan masyarakat yang berada di Taluk Kuantan.

DI awal abad ke-17, jalur merupakan alat transportasi utama warga desa di Rantau Kuantan, yakni daerah di sepanjang Sungai Kuantan yang terletak antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu hingga Kecamatan Cerenti di hilir. Saat itu memang belum berkembang transportasi darat. Akibatnya jalur itu benar-benar digunakan sebagai alat angkut penting bagi warga desa, terutama digunakan sebagai alat angkut hasil bumi, seperti pisang dan tebu, serta berfungsi untuk mengangkut sekitar 40 orang.

pada tahun ini pacu jalur dipercepat yang biasanya sekitar tanggal 24 agustus tapi karena bulan ramadhan jadinya dipercepat tanggal 6-9 agustus tapi itu tidak mengurangi minat masyarakat kuantan singingi untuk menonton pacu jalur tersebut.penonton begitu antusias menyemangati jalurnya masing-masing.

pada tahun ini festival pacu jalur ini dibuka langsung oleh gubernur Riau bapak Rusli Zainal dan pada tahun ini kelurlah putih mandi mayang terurai sebagai juara 1 yang di final mengalahkan toduang biso rombo piako.

semoga pacu jalur ini tetap eksis di event nasional dan akan selalu kita pertahankan budaya kita ini yang telah berumur seabad lebih.ayo maju kuantan singingi...

sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kuantan_Singingi

0 komentar:

Posting Komentar